Di media online, artikel yang bagus adalah yang berhasil muncul di halaman pertama Google. Semua penulis pasti ingin tulisannya bisa masuk ke halaman pertama google karena berpotensi mendapat banyak pembaca.

Agar artikelnya bisa masuk ke halaman pertama Google, Anda perlu memastikan beberapa poin berikut.

Bagi orang yang berkecimpung dalam pekerjaan yang terkait dengan kepenulisan cukup mudah memahami kenapa banyak orang yang berharap tulisannya direkomendasikan oleh Google.

Tahap dalam Menulis yang Layak Muncul di Halaman Pertama Google

Ada beberapa teknik yang bisa dilakukan sehingga tulisan yang dibuat dilirik oleh Google dan muncul dihalaman pertama, yaitu dengan optimasi SEO atau Search Engine Optimization. Namun sayangnya banyak tulisan yang dibuat memenuhi ketentuan tersebut namun tidak ramah bagi manusia.

SEO merupakan mesin, jadi tulisan yang dibuat sesuai dengan keinginan mesin namun seringkali terasa janggal ketika dibaca.

Tulisan jenis ini hanya akan muncul sementara pada waktu Google merekomendasikan kemudian ditinggalkan pembaca.

Agar tulisan yang Anda buat layak muncul di halaman pertama Google dan ramah bagi pembaca, bisa ikuti tahap berikut ini.

1. Cari tahu karakter target pembaca

Sebelum membuat tulisan sebaiknya tentukan segmen atau target market dari pembaca. Beda usia, jenis kelamin, aktivitas dan kebiasaan, membutuhkan tulisan dengan gaya kepenulisan dan isi yang berbeda. Sebagus apapun kualitas tulisan, kalau tidak tepat sasaran, tidak akan ada pembacanya.

2. Buat judul yang menarik

Pertama yang akan dilihat oleh calon pembaca adalah judul. Jika melihat judul yang tidak menarik, bisa jadi calon pembaca tadi membatalkan niat untuk mengetahui isi tulisan tersebut.

Sebaliknya, setelah melihat judul yang  menarik, banyak yang memutuskan untuk membaca artikel secara keseluruhan.

3. Tulisan yang bisa dibaca dalam waktu cepat

Pembaca media digital tidak mempunyai waktu yang lama untuk membaca tulisan. Karena itu jangan membuat tulisan yang panjang dan bertele-tele sebab bisa menyebabkan pembaca bosan dan tidak mau membacanya.

Sebagian besar pengakses media digital menggunakan Hp, karena itu buat tulisan yang tidak langsung memenuhi layar HP tersebut.

4. Format tulisan menarik

Berikutnya yang tidak kalah penting adalah kerapian tulisan. Tulisan dengan jenis huruf yang tidak beraturan bisa membuat calon pembaca malas untuk melanjutkan keinginannya.

Untuk mengatur tampilan dari tulisan, terdapat banyak fitur yang bisa digunakan.

5.Tingkatkan kualitas

Sebagai penulisan, jangan malas untuk membaca, termasuk tulisan sendiri. Dengan membaca Anda akan tahu apa saja kelemahan tulisan yang Anda buat dan bisa membandingkan dengan tulisan dari penulis lain.

Ini penting agar bisa mengevaluasi kekurangan dan mengetahui kelebihan tulisan yang Anda buat tersebut.

6. Pilih keyword dan LSI yang tepat

Dalam media digital, peran keyword atau kata kunci dan LSI atau kata kunci panjang sangat penting. Orang yang mencari informasi akan menuliskan kata kunci pada kolom pencarian.

Sistem pada Google akan mengarahkan pembaca ke situs yang berkaitan. Jika tulisan Anda menggunakan keyword atau kata kunci yang tepat, akan direkomendasikan oleh Google sehingga mudah ditemukan oleh pencari.

7. Periksa kembali

Sebagai penulis, rasa percaya diri sangat penting. Namun yang lebih penting adalah mau mengoreksi tulisan sendiri. Anda perlu membaca kata demi kata untuk mengetahui mana yang kurang tepat dan mana yang perlu diganti.

Bukan hanya itu, dalam pemeriksaan ini Anda juga harus memastikan bahwa semua ejaan dan tanda baca sudah digunakan dengan benar.

Usahakan untuk meminimalkan salah ketik dengan mengeceknya kembali. salah ketik yang cukup parah bisa mengaburkan tujuan dari tulisan.

8. Lakukan optimasi SEO

Terakhir melakukan optimasi SEO. Optimasi SEO memang sangat dibutuhkan bagi tulisan yang diunggah di berbagai platform.

Optimasi SEO yang diperbolehkan adalah yang dilakukan setelah proses penulisan selesai. Dengan demikian tulisan yang dibuat tetap ramah untuk manusia.

Kemampuan penulis dalam membuat artikel yang disuka pembaca dan muncul di halaman pertama Google sangat penting.

Di era media online ini, kemampuan membuat tulisan yang bagus dan dilirik oleh Google sangat penting. Karena itu, tidak salah jika terus berusaha agar artikelnya bisa masuk ke halaman pertama Google.